10 Destinasi Wisata Gratis di Korea Selatan

Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan. Entah itu mengandalkan tur maupun pergi sendiri, Korea Selatan memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang liburan dengan bujet terbatas dan agak pas-pasan, berikut ini ada 16 destinasi wisata gratis di Korea Selatan yang bisa dikunjungi.

1. Gwanghwamun Square

Belum ke Seoul rasanya jika belum mengunjungi Gwanghwamun Square dan berfoto dengan latar King Sejong the Great, sang penemu huruf Hangul maupun Admiral Yi Shun-Shin. Gwanghwamun Square ini berada di depan Gyeongbukgung Palace dan dikelilingi jalan raya yang selalu ramai. Kamu bisa berfoto ria disini secara gratis.

2. Cheonggyecheon Stream

Tak jauh dari Gwanghwamun Square terdapat tempat wisata menarik di Seoul yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Cheongyecheon Stream yang merupakan aliran sungai bergaya modern yang mengalir di tengah kawasan bisnis Seoul. Sungai ini menjadi tempat favorit warga Seoul dan turis untuk bersantai sambil merendam kaki di aliran sungai yang sejuk. Di kedua sisi sungai ini terdapat area berjalan yang didesain begitu apik sehingga terlihat begitu instagramable. Selain itu ada 14 titik menarik di sepanjang Cheonggyecheon Steam, diantaranya seperti Stepping Block, Wall of Hope, atau Mojeonggyo Bridge. Wisatawan pun bisa duduk di tepi sungai sambil bersantai atau berjalan menyusuri aliran sungai dambil mengobrol santai.

3. Seoullo 7017

Seoullo 7017 merupakan destinasi wisata dan ikon terbaru Kota Seoul yang diresmikan pada 20 Mei 2017 lalu. Jembatan layang khusus berupa taman kota sepanjang 1.024 km yang didedikasikan untuk pejalan kaki. Taman di atas Seoullo 7017 ini di desain begitu cantik dan nyaman bagi pejalan kaki ditengah sibuknya aktivitas di Seoul. Terdapat sekitar 228 spesies bunga dan 24.000 tanaman yang ditanam di sepanjang Seoullo 7017 ini. Wisatawan bisa mengunjungi ikon wisata Seoul ini secara grtais tanpa dipungut biaya. Ada juga city walking tour gratis yang ditawarkan secara online bagi kamu yang ingin mempelajari lebih banyak soal cerita menarik Seoul dari zaman ke zaman.

4. Sungai Han 

Sungai Han merupakan salah satu ikon Kota Seoul yang selalu bisa dilihat di video musik boyband / girlband Korea hingga tempat syuting reality show, drama dan film Korea. Sungai Han memiliki panjang 514 km dan bermuara di Laut Kuning. Sungai ini terbentang di sepanjang Kota Seoul mulai dari Gangseo, Nanji, Mangwon, Yanghwa, Seonyudo, Yeouido, Ichon, Banpo, Jamwon, Ttukseom, Jamsil, dan Gwangnaru. Tak heran jika di sepanjang sungai ini terdapat banyak jembatan dan taman-taman cantik di setiap wilayah yang dilewati sungai ini. Taman-taman ini umumnya bisa diakses dengan gratis. Bersantai di sekitar Sungai Han banyak digemari penduduk sekitar dan juga turis. Selain berfoto, ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan, seperti camping, berkeliling naik sepeda, bermain air di fountain dan masih banyak lainnya.

5. Banpo Bridge 

Banpo Bridge ini merupakan satu dari sekian banyak jembatan yang berdiri di atas Sungai Han yang menghubungkan bagian utara dan selatan Kota Seoul. Atraksi paling hits di sekitar jembatan ini adalah Rainbow Fountain yang merupakan pertunjukan air mancur dari atas jembatan dengan berbagai warna yang diiringi alunan musik romantis. Pertunjukan gratis ini bisa dinikmati setiap malam pukul 8 malam dengan durasi show selama 15 menit. Dari jembatan ini kamu juga bisa melihat N Seoul Tower dari kejauhan.

6. Namsan Park

Namsan Park merupakan taman kota terbesar di Seoul, Korea Selatan. Taman ini didesain dengan berbagai jenis bunga dan pohon ginko yang membuat taman ini begitu adem dan juga asyik untuk bersantai sambil foto-foto. Taman ini biasanya menjadi tempat transit seru bagi orang-orang yang mendaki Gunung Nam. Dari taman ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Seoul yang cantik, terutama di malam hari saat lampu-lampu kota mulai dinyalakan.

7. Pasar Malam Dongdaemun, Insadong, Namdemun, dan Myeongdong 

Selain berbagai destinasi wisata alam dan kebudayaan yang menarik, Seoul juga punya banyak pasar malam yang wajib dikunjungi dalam trip ke Korea Selatan. Ada banyak pasar malam seru yang harus didatangi ketika ke Korea, seperti Dongdaemun yang lokasinya dekat dengan Gwanghwamun Square, Namdaemun yang merupakan pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan. Ada juga Insadong dan Myeondong yang semuanya jadi tempat belanja favorit turis maupun warga sekitar. Tak hanya belanja pernak pernik khas Korea, di pasar malam ini kamu bisa membeli berbagai barang dalam harga murah, mencicipi berbagai kuliner khas Korea Selatan hingga mendapat sampel make up gratis.

8. Kawasan Hongdae

Kawasan Hongik University Street atau yang dikenal dengan Hongdae merupakan kawasan tempat berkumpulnya anak-anak muda Seoul. Disini kamu bisa merasakan suasana malam khas Seoul, wisata kuliner hingga wisata belanja ter-hipster tak hanya dikalangan anak muda Seoul, tetapi juga wisatawan. Semakin malam kawasan Hongdae biasanya semakin ramai dan menarik untuk dikunjungi. Tak pun harus belanja atau makan, menyusuri jalan ini akan memberikan pengalaman seru saat liburan ke Korea Selatan.

9. Ewha Women University

Meski bukan termasuk list ‘destinasi wisata’, namun kampus Ewha Women University memiliki desain yang artistik dan fotogenik sehingga banyak wisatawan yang datang dan berfoto-foto disini. Di sekitar area kampus juga terdapat banyak toko kosmetik, baju, tas dan fashion item lainnya yang memiliki banyak diskon menarik. Bahkan di sekitar Ewha Women University juga banyak membagikan sampel kosmetik gratis yang jauh lebih banyak dibandingkan di area Myeongdong lho!

10. Museum Hopping

Beberapa museum keren di Seoul memberikan program free admission untuk pengunjungnya, termasuk bagi turis. Kamu bisa museum hopping sambil belajar sejarah Korea Selatan sekaligus berburu foto di banyak spot keren. Musem yang dimaksudkan adalah King Sejong Museum, The Olympic Museum, Museum of Korean Embroidery, dan The BK Plastic Surgery. Sementara itu jika kamu memakai Hanbok di sinag hari, kamu bisa masuk The National Folk Museum secara gratis. Menarik bukan?